Penanganan Warga Jawa Tengah yang Terlantar di Jakarta

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah yang mempunyai Tupoksi pelayanan masyarakat melaksanakan penanganan  Masyarakat Jawa Tengah yang terlantar di Jakarta. Dalam Kegiatan ini Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah berkerjasama dengan Dinas sosial Provinsi DKI Jakarta, Panti Sosial Provinsi DKI Jakarta, dan Dinas sosial Provinsi Jawa Tengah yang membantu mencari informasi orang terlantar di Daerah asalnya.

Penanganan Orang terlantar ini dimulai dengan memperoleh Informasi melalui Media Sosial yakni yang diunggah melalui melalui Twitter oleh pihak Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta selanjutnya diteruskan dan ditindaklanjuti oleh Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah. Setelah memastikan bahwa orang tersebut berasal dari Jawa Tengah, dengan memeriksa identitas yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah kemudian berkoordinasi dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah yang diteruskan ke TKSK Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah untuk dilacak alamat rumah, desa, kecamatan sampai ke level RT/RW agar memudahkan petugas untuk menemukan keluarga dari orang terlantar tersebut.  Selanjutnya staff dari Badan Penghubung Provisi Jawa Tengah mendatangi orang terlantar di panti sosial untuk assesmen lebih lanjut. Hasil asesmen petugas panti kami komparasi dengan keterangan atau informasi yang sudah didapatkan sesat setelah mewawancarai orang terlantar. Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah ini bertujuan untuk menjalankan misi kemanusiaan yang sangat mulia yang dimiliki oleh Bapak Gubernur.

Orang terlantar yang ditangani oleh Badan Penghubung diantaranya adalah Orang Lanjut Usia, Demensia, Anak – Anak, dan yang terkena penjangkauan dari P3S Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Beberapa penyelasaian yang dilakukan oleh Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah adalah :

  • Dipulangkan / diantar ke daerah asal dikarena kondisi orang terlantar tersebut dalam kondisi sakit dan lanjut usia sehingga tidak memungkinkan untuk dibiarkan kembali ke daerah asal seorang diri.
  • Dipertemukan dengan keluarga yang ada dijakarta. Apabila setelah diperoleh informasi bahwa masih memiliki keluarga yang berada dijakarta.
  • Dijemput dengan sanak keluarga dari daerah tempat asal.
  • Berikut adalah orang terlantar yang telah berhasil di tangani oleh Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah yang berkerjasama dengan Dinsos DKI, Panti Sosial Rehabilitasi dan Dinsos Jateng:

Klik tautan di bawah ini

Rekap Penanganan Warga Jawa Tengah Yang Terlantar di Jakarta